Cara terbaik memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi

Cara terbaik memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi
Keyboard merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah laptop. Bila terjadi masalah pada keyboard, maka pekerjaan yang hendak dilakukan dengan Laptop akan terasa sulit. Masalah umum yang biasa terjadi pada laptop biasanya tidak berfungsinya sebagian tombol, fungsi tombol yang tertukar, dan bahkan tidak berfungsi total.

Penyebab umum kerusakan keyboard  kotoran atau debu, tersiram air, aktifnya num lock ataupun driver.
Baiklah disini saya akan membantu sobat memperbaikinya,silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  •     Masalah tidak berfungsinya sebagian tombol biasanya terjadi karena ada kotoran atau debu yang menempel diantara tombol keyboard.
Solusi: bersihkan kotoran atau debu yang menempel diantara tombol keyboard kalau bisa lepaskan semua tombol yang tidak berfungsi secara hati-hati supaya tidak menimbulkan kerusakkan yang lebih parah, bila sudah bersihkan sensor keyboard yang berbentuk foil menggunakan tisu atau kain kering.
  •     Masalah fungsi tombol yang tertukar biasanya terjadi karena sobat secara tidak sengaja mengaktifkan Num Lock lalu mengetik kombinasi tombol tertentu sehingga karakter yang muncul berbeda dengan tombol yang di tekan.
Solusi: matikan Num Lock dengan cara tekan Fn+NumLock secara bersamaan.
  •     Masalah keyboard tidak berfungsi total penyebabnya beragam mulai dari driver yang mugkin tidak terinstal atau ganda, konektor laptop lepas, virus ataupun hardware yang memang rusak akibat termakan usia.
Solusi: coba cek drivernya di device manager lihat apakah ada, tidak atau ganda, kalau tidak ada silahkan download dan instal dulu drivernya di situs resmi laptop sobat.kalau ganda atau ada 2 silahkan uninstal salah satunya.  Apabila sobat sudah memastikan drivernya benar tapi belom ada hasil kemungkinan besar terjadi masalah pada konektornya bisa jadi rusak, lepas ataupun renggang untuk memastikannya tentu  sobat harus membuka keyboard, coba lihat tutorialnya di youtube  untuk buka keyboard sesuai merek dan tipe laptop sobat.

Jika semua usaha yang sobat lakukan di atas tidak juga membuahkan hasil yang terpaksa sobat harus membawanya ke tukang servis untuk pengecekkan atau menggantinya. sebagai alternatif sobat bisa menggunakan keyboard external dulu atau keyboard on-screen untuk menggunakannya buka start ketik di pencarian on-screen keyboard.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel