Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya
Ketika sedang asyik – asyiknya bermain game,atau online di laptop secara tiba – tiba laptop itu mati sendiri. Tentu hal ini sangat membuat kesal
Kejadian seperti ini sering terjadi di sekeliling kita atau bahkan anda yang membaca artikel ini pernah mengalaminya juga. Jika anda mengalami kejadian seperti ini, jangan langsung membawa komputer atau laptop anda ke teknisi komputer, cari tahu dulu penyebabnya apa, lalu lakukan tindakan. Sebenarnya penyebab komputer/laptop mati secara tiba – tiba bisa dari softwarenya yang bermasalah atau hardwarenya yang juga bermasalah atau sudah berumur dan ini yang sering terjadi.
Ok disini saya akan membantu sobat untuk mencari tahu penyebab dan solusinya

·        Terlalu Panas atau Overheat

Suhu laptop yang terlalu panas bisa menyebabkan laptop itu mati secara tiba – tiba. Biasanya yang menyebabkan laptop menjadi panas adalah menempatkan laptop ditempat yang empuk seperti kasur, bantal, dll karena apabila diletakkan ditempat seperti itu sirkulasi udara menjadi buruk, udara panas sulit keluar dan digantikan udara baru, sehingga udara panas yang berada didalam laptop juga menyebabkan hardware – hardware didalamnya menjadi panas.
Solusi : Untuk mengatasi masalah seperti ini, anda bisa meletakkan laptop pada permukaan yang rata dan keras, sehingga sirkulasi udara tidak terganggu. Namun jika anda tidak mau beranjak dari kasur, maka gunakan papan yang keras sebagai alasnya. Namun jika laptop masih panas, gunakan colling pad supaya sirkulasi udara cepat berganti.

·        RAM Bermasalah

RAM  yang bermasalah bisa membuat program sulit bekerja dengan optimal, sedangkan pekerjaan pada komputer membutuhkan kinerja dari RAM yang optimal, jadi pada kondisi seperti ini hardware komputer lain bekerja lebih keras sehingga komputer cepat panas. Penyebabnya bisa jadi RAM yang digunakan berdebu.
Solusi : Untuk mengatasi masalah seperti ini, kita bisa membersihkan debu yang menempel pada RAM dengan menggunakan penghapus pensil. Cukup bersihkan pada bagian kuningan RAM hingga bersih, jangan menggunakan tangan sebab dikhawatirkan tangan yang berminyak akan meninggalkan bekas.
Jika diperlukan, kapasitas RAM bisa di upgrade sesuai dengan kebutuhan agar kinerja RAM bisa lebih optimal dan komputer bekerja lebih ringan

·        Pasta Pada Processor kering

Hal ini memang biasa terjadi pada pada laptop yang sudah berumur. Pasta processor yang kering dapat membuatnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya, padahal  fungsinya untuk mendukung proses pendinginan processor , kalau cpu panas maka akan terjadi overheat
Solusi : jika sobat tahu dimana posisi processornya,buka lalu oleskan pasta processor secara merata,sobat bisa membeli pasta processor di toko komputer terdekat, nama lainnya biasa disebut thermal paste, harganya relatif murah kok.

·        Mainboard Bermasalah

Kalau yang satu ini saya ga berani dah ngasi saran buat oprak-oprek.  Jika mainboard yang sudah tidak sehat atau berumur tua ada kalanya mainboard tersebut sudah tidak bisa bertahan untuk digunakan dalam waktu yang lama bahkan akan menyebabkan mati ketika sedang digunakan untuk pekerjaan yang berat.
Solusi : Saran saya sih bawa aja tukang service untuk pengecekkan , kalau tukang tukang servis sudah mevonis mainboard tidak bisa pake lagi, ya terpaksa deh pake lembiru (lempar beli yang baru) :D soalnya harga mainboard itu ga jauh beda sama harga laptop  yang baru.


Kira-kira begitulah Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya, kalau dirasa kurang atau belum sesuai, saya harap dapat memberikan masukannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang sedang mengalami masalah serupa. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel